11 October 2008

Tips sehat di malam hari

Saat kita tidur apakah memakai penerangan? Maksud saya lampu kamar tidur. Bila iya, maka berusahalah untuk mengubah kebiasaan ini. Kenapa? Mari kita tanyakan ke Galileo, qqqq .... Begini, menurut ahli Biologi Joan Roberts saat kita tidur malam dan dalam keadaan gelap tanpa lampu penerangan tanpa radiasi layar kompie atau televisi, maka tubuh kita bekerja optimal dalam menghasilkan Melantonim. Nah, melantonim itu apa? apakah seperti pantomin? Usut punya usut melantonim ini adalah zat eh... hormon, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Dengan mematikan lampu saat tidur, maka tubuh dapat menghasilkan hormon tersebut, karena hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh kita bekerja. Sebaliknya dengan adanya penerangan dalam kamar tidur sekecil apapun itu dapat menyebabkan produksi hormon melantonim tersebut terhenti. Ahli biolog tersebut telah meneliti dengan mengambil sampel pada binatang. Ketika hewan tersebut diberi penerangan/cahaya maka produksi melantonimnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Ternyata lampu memberikan efek negatif terhadap tubuh baik kepada binatang maupun kepada kita.

Oleh karenanya selain untuk berhemat energi, mari kita coba ubah kebiasaan menggunakan lampu penerangan pada saat kita tidur. (untuk yang belum)

Ingat ... ingat ... thing!!!