16 October 2008

Windows XP tanpa hardisk, pernah coba?

Dengan adanya media penyimpan data external yang makin berkembang terutama data traveler atau flash disk, maka tidak mengherankan bahwa sekarang banyak aplikasi dapat diinstall dan dijalankan hanya lewat flash disk. Anda pernah mencobanya? Berikut ini langkah-langkah untuk installasi windows xp pada flash disk. Sebenarnya tidak hanya windows xp saja yang dapat diinstallkan dalam flash disk namun kali ini saya bagikan tentang instalasi windows xp dulu.

Instalasi Windows XP di USB ternyata tidaklah terlau sulit. Tips ini berguna bagi anda yang ingin coba menginstalnya, terutama bagi anda yang ingin mempunyai flashdisk booting yang portable.


Yang Harus Disiapkan:
  1. Sebuah komputer yang dilengkapi optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang dapat bekerja dengan baik.
  2. Sebuah USB flash disk berkapasitas 1 atau 2 GB.
  3. CD instalasi Windows XP.
  4. Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB) yang dapat diunduh cuma-cuma melalui link http://www.sendspace.com/file/7n781n
  5. Do’a, kerja keras dan keberanian!

Langkah-langkah Pembuatan:
  1. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
  2. Saat Anda berada di posisi normal (desktop), masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.
  3. Unduh dan ekstrak aplikasi yang penulis berikan. Saran penulis, ekstrak seluruh isinya ke sebuah folder, semisal C:\USB.
  4. Selanjutnya, buka folder di mana Anda mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi, kali ini kita ambil contoh C:\USB.
  5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
  6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda.
  7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
  8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
  9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
  10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Selesai! Kini flash disk Anda telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS subnotebook Anda, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.
Mengingat teknik instalasi semacam ini juga tersedia di internet, Anda juga bisa mencarinya via mesin cari. Selamat mencoba…!


Sumber : http://jkt4.detikinet.com/read/2008/...-xp-dengan-usb



7 comments:

  1. Hahah trik yang bagus. Eh dah pernah nyoba Windows Live blom ? Bukan chat lho tp software Sistem Operasi yang bisa kita gunakan jika Windows kita error hehehe eh mas... tambah NAME/URL dong di pilihan form pilihan profile pemberi komentar.

    ReplyDelete
  2. he2.., klo windust gini saya blom pernah coba.., klo linux udah.., hmmm.. boleh juga nie.., thx

    ReplyDelete
  3. @Zalukhu
    Waduh ... bang gimana caranya? ada tutorialnya gak? qqq ... masih gaptek.
    Windows yang live blom pernah tau bang.

    @spydeeyk
    iya mas, bisa buat alternatif OS :)

    ReplyDelete
  4. Wah manteb neh, mo coba untuk linux ubuntu ah...

    Btw kalo mo buat tambahan Name/Url ada setingannya di dashboard/pengaturan/komentar

    Trus ada pilihan : Siapa yang berkomentar? Pilih , siapapun termasuk pengguna anonim.

    Semoga membantu!

    ReplyDelete
  5. @Putra eka
    Ok ... deh, makasih mas :)

    ReplyDelete
  6. Maksudnya itu nginstal XP dari flashdisk ato jalanin XP cuma pake flashdisk sih?

    ReplyDelete
  7. @gudangan
    Menurut penangkapan saya, ya jalanin XP pake flashdisk ato sebagai media booting. Asalkan colokan usbnya tetap (tidak pindah-pindah colokan). Maap mas ... saya sendiri juga belum mencobanya ... baru download sofnya & share di sini(maklum flash disk masih 128 mb .. qqq)

    ReplyDelete

Silakan Anda tuliskan komentar, saran, kritik, yang membangun di bawah ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya