11 November 2008

Fungsi lain mata

Mata merupakan salah satu dari panca indera. Kalau untuk hal ini saya yakin Anda semua pasti sudah tahu. Mata yang merupakan bagian yang sangat penting, yakni sebagai jendela jiwa juga mempunyai fungsi ganda. Dengan kedua mata kita bisa melihat dunia sekitar kita dengan jelas, betapa eloknya alam beserta seluruh isinya. Sampai-sampai cinta pun berawal dari mata. Oh, indahnya cinta... Lewat mata pula kita selalu dapat melihat peristiwa-peristiwa penting dalam hidup kita. Tak terkecuali kadangkala menjerumuskan kita kepada suatu persoalan karena terbawa nafsu yang berujung pada perselingkuhan. Selain yang saya sebutkan di atas mata juga berperanan penting terhadap kesehatan.

Hanya dengan menggerak-gerakkan mata kita dapat mengambil manfaat yang besar dalam kehidupan. Menurut riset (dari luar negeri) manfaat yang dapat diperoleh dari gerakan-gerakan mata antara lain:

Meredakan stress
Dengan menggerakkan mata ke atas dan ke kiri mengaktifkan otak kanan yang bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan visual. Kita mempunyai suatu mekanisme di dalam otak yang bekerja seperti antena. Sistem ini menangkap stimuli di dunia sekitar dan mengingatkan otak untuk memperhatikan apa yang membuat anda senang, lalu menyimpannya ke tempat yang mudah untuk dikeluarkan lagi. Nah menggerakkan mata ke kiri membawa pikiran langsung ke tempat penyimpanan visual positif tersebut. Dengan rangsangan ini kita seakan dibawa ke pikiran-pikiran yang menyenangkan sehingga mampu melepaskan hormon rasa takut dan cemas.

Membantu proses mengingat sesuatu dengan cepat
Menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan secara cepat dapat meningkatkan interaksi kedua belahan otak, sehingga membuat kita bisa mengingat detail yang mudah diabaikan.

Membangkitkan kreativitas
Menggerakkan mata seakan menelusuri garis miring, misal dari sisi kanan atas ke kiri bawah selama 30 detik dapat membangunkan pikiran kreatif. Gerakan ini menenangkan pemikiran rasional dan logis dialog internal anda. Juga membantu mengakses pikiran anda yang lebih dalam dan proses pemikiran yang kurang disadari untuk membukakan lebih banyak solusi kreatif.

Meningkatkan kelancaran bicara
Menurut studi kasus yang dilakukan di luaran sana, menyatakan bahwa melihat ke kanan mengaktifkan otak kiri yang bertanggung jawab dengan bahasa. Untuk meningkatkan keterampilan verbal anda sebelum memberi kata sambutan atau presentasi kerja, coba latihan gerakan ini.

Membuat lebih cepat tertidur
Menatap ke bawah, ke arah ujung hidung sehingga bola mata saling berdekatan termasuk salah satu gerakan meditatif yang digunakan penganut agama Budha. Baik untuk olah raga menutp hari karena membaut pikiran masuk ke dalam keadaan rileks. Fokus pada satu benda atau bagian badan diduga melepaskan gelombang alpha otak yang menenangkan. Gelombang yang menyertai daya khayal dan kantuk.

Di samping manfaat yang ada di atas masih ada beberapa manfaat lagi yang sebenarnya belum teruji secara ilmiah namun sudah diyakini akan kebenarannya. Apa itu?

Hipnotis
Melalui mata kita bisa menghipnotis dan juga terhipnotis, tergantung mana yang menguasainya. Melalui mata kita bisa dikuasai oleh seseorang, bagi yang bertujuan baik hipnotis dapat membantu kita dalam memecahkan suatu masalah. Misalnya dalam hal kesehatan, sekarang telah mulai dikembangkan oleh para dokter.

Membaca kebenaran dari seseorang
Lewat ekspresi wajah dan mata kita bisa tahu seseorang itu berbohong atau berbicara jujur. Orang yang berbohong cenderung tidak berani menatap wajah lawan bicaranya, atau biasanya akan lebih banyak melihat ke kanan karena mereka harus mengaktifkan pusat bahasa otak belahan kiri untuk dapat mengarang cerita.

Nah itulah berbagai fungsi mata, dan mungkin masih banyak fungsi ganda yang dimiliki mata yang belum tertulis di sini. Paling tidak tulisan ini memberikan inspirasi bagi anda untuk lebih mengembangkan dan menggunakan serta merawat mata sebagai suatu anugrah dari Tuhan yang patut kita syukuri.

Semoga bermanfaat ...



11 comments:

  1. tak heran kalau mata itu jendela hati ya?
    pakabar, keris?

    ReplyDelete
  2. @Marshmallow
    iya mbak, wah udah kembali neh mbak :)
    Baik ... thx

    ReplyDelete
  3. mata bisa juga buat digunakan untuk marah.., he2.. maksudnya dengan menggunakan pandangan yang "lain" kita bisa kasi tau ke orang sekitar kita klo kita sedang marah.., jadi ga perlu ngomel2 (ini manfaat apa ga yah.., he2.. :D ), tp hati2 jg lho.. mata bisa buat kita terbunuh klo salah2 lihat.., misalnya lihat truck yang melaju kencang ke hadapan kita dan kita tidak bisa menghindar.. (halah2.. dah mulai ngaco ni.., kaburrr ahh.., ntar dimarahi om keris.. :D )

    ReplyDelete
  4. @spydeeyk
    wekeekeke ... tahu aja neh si bro apa yang masih kurang, keknya koneksi dah lancar neh jam segini masih OL

    ReplyDelete
  5. Makasih bro. Jadi banyak tau neh. Sambil baca2 artikel di sini, saya dah coba praktekkan loh

    ReplyDelete
  6. betul, bagus juga postingannya
    sekarang lagi saya coba praktekin.
    salam kenal

    ReplyDelete
  7. jagalah mata untuk jaga hati kita...berarti penari bali yang sering-sering gerakan matanya .. sehat ya

    ReplyDelete
  8. @Anthony Harman
    silakan mempraktekkan, semoga bermanfaat :)

    @Sabri GoBloGger
    thx, salam kenal juga

    @Ziezie
    yups betul ... sehat dan cuantix2 kan bro

    ReplyDelete
  9. mata adalah jendela hati dan napsu....wakakakakkaka...kaburrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  10. tataplah mataku ini.dan akan kau dapati. seberkas keraguan tentangmu..

    memang harus kuakui kharisma didirimu..banyak yang mendambakan cintamu.

    dan aku cemburu kekasihku terlalu kucemburu. dapatkah kusimpan rasa itu...*lho kok nyanyi sih,hi..hi..*

    ReplyDelete
  11. wuih.... ternyata banyak juga ya...
    dan tambah juga menjadi mata pencaharian... sama2 mata :)

    ReplyDelete

Silakan Anda tuliskan komentar, saran, kritik, yang membangun di bawah ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya