21 January 2009

Cara memasukkan data ke BIOSD lewat excel

Sekedar sharing saja, beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas untuk entry data siswa ke BIOSD. Kebetulan saya seorang buruh di sebuah sekolah swasta di Jakarta. Sehabis liburan tahun baru sudah harus berkutat kembali dengan setumpuk pekerjaan. Lagi-lagi deadline penyerahan yang begitu mendesak membuat saya harus berpikir bagaimana cara supaya bisa lebih cepat input di software BIOSD dari dinas. Mungkin bagi yang sudah mengenal bahasa pemrograman itu bukan pekerjaan yang susah, tapi untuk saya yang 100% newbie mencari tahu bagaimana cara bisa mengerjakan BIOSD lebih cepat bukan perkara yang mudah. Kemudian yang terlintas saat itu hanyalah google. Saya harus cari informasi di sana, setelah coba cari tahu sana-sini ternyata belum ada satu pun web atau blog yang memberikan informasi bagaimana cara input cepat BIOSD. Saat mencari itu justru nemu perintah-perintah dos, yang saya pikir juga perlu kita tahu.

Akhirnya saya coba-coba sendiri buka BIOSD, saya coba memasukkan beberapa data secara manual. Kemudian saya lihat hasilnya ternyata di folder BIOSD muncul sebuah folder lagi sesuai dengan kode wilayah pengisian kita misal 01-05 (01 = DKI Jakarta, 05 = Kode Jakarta Timur). Di dalam folder ada juga 2 folder lagi dengan nama Biodata dan DNT, nah file yang bisa kita utak-atik file yang ada di folder Biodata ini. Saya coba buka dengan open with kemudian saya pilih excel, ternyata bisa kebuka. Untunglah ... saya sedikit lega, dalam hati kalau bisa dibuka excel pasti bisa saya akalin. Dan ternyata memang benar saya bisa utak atik (maksudnya bisa saya isikan data ke file excel ini).

Setelah data masuk semua ke excel langkah terakhir yang kita lakukan dengan cara edit (tekan enter) kemudian enter kembali sampai dengan jumlah data yang kita inputkan, maka data yang otomatis dari sofware akan muncul dengan sendirinya. Namun jangan lupa pada saat menekan save pada file excel jangan mengganti extencinya. File sourcenya .dbf harus tetap .dbf. Dan akhirnya pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat. Terima kasih excel, meskipun program sederhana tapi terbukti mampu mempermudah pekerjaan kantor. Saya rasa masih banyak juga buruh seperti saya yang masih memanfaatkan Ms Office dalam pekerjaannya. Meski belum lulus sertifikasi dari microsoft ternyata saya bisa sedikit mengakal-akalin excel. Untuk anda yang seperti saya, apakah anda masih kesulitan dengan excel, khususnya dalam pengerjaan BIOSD, BIOSMP, atau BIOSMA ini?