28 January 2009

Resep sederhana, atasi alergi

Pernah anda merasakan gatal-gatal di sekujur tubuh secara tiba-tiba? Diikuti dengan bentol-bentol merah merata di sekujur tubuh juga. Mungkin anda terkena yang namanya biduran. Nah itu yang baru saja saya alami, sehabis pulang kerja mampir dulu untuk refreshing maen bulu tangkis dengan rekan kerja. Setelah main satu set tiba-tiba tangan kaki terus menjalar ke seluruh badan terasa gatal-gatal. Saya pikir itu hanya karena keringat yang mulai keluar, tapi ternyata saya salah. Setelah keringat mulai mengering gatal gatal tidak juga hilang malah sekarang nambah muncul bentol-bentol merah. Semakin lama semakin banyak, dalam hati saya pikir wah sudah neh kena campak neh. Tapi campak kok tidak panas, paling tidak kok tidak ada tanda-tanda demam sama sekali. Saya tanya ke teman saya kenapa ini ya. Ada yang bilang itu biduran, ada juga itu cuman alergi makanan.

Saya coba-coba ingat, apa yang telah saya makan sebelumnya. Perasaan saya tidak ada yang istimewa yang saya makan tadi. Lagipula kalau alergi saya belum pernah alergi apapun, tambah bingung saya. Wah sebenarnya kenapa neh saya, campak, biduran atau alergi? Malah ada yang bilang kalau saya darah rendah. Kalau kena campak, saya kan sudah pernah imunisasi campak lagipula tidak ada demam katanya ciri-ciri campak itu kan ada demamnya, sedang ciri-ciri alergi gatal-gatal, bentol-bentol. Berarti saya memang kena alergi, telusur kena telusur saya tadi makan kacang methe sedikit, apa karena itu ya. Yah, kesimpulan sementara saya kena alergi kacang methe. Terus teman memberikan resep sederhana untuk mengobati alergi saya, teman saya itu memberikan sprite dan minyak tawon. Sprite tentunya untuk saya minum dan minyak tawon saya oleskan di seluruh badan. Dan tak lama kemudian ternyata gatal gatal dengan bentol-bentol merah di tubuh saya mulai menghilang. Terima kasih Tuhan, saya tidak jadi mengeluarkan ongkos tambahan untuk ke dokter.

Apakah biduran sama dengan alergi?

Biduran kalau dulu saya pikir beda dengan alergi, tapi setelah saya jalan-jalan (bw) kok banyak yang menyimpulkan alergi itu sama dengan biduran. Terus tanda-tandanya seperti yang saya sebutkan tadi, gatal-gatal di seluruh badan diikuti bentol-bentol. Alergi ini biasanya diakibatkan karena makanan. Resep sederhana lain yang bisa digunakan, minum air kelapa ijo, minum sprite dan olesin minyak tawon (seperti saya), bata merah dihancurkan kemudian di sangrai kemudian dibungkus dan ditempel-tempelkan pada bagian yang gatal. Menurut ceritanya resep-resep sederhana tersebut bisa mengatasi biduran atau alergi. Memang bukan cara paling cepat namun sudah banyak yang teruji, entah karena memang khasiatnya atau hanya karena sugesti. Jadi jika anda merasakan tanda-tanda biduran atau alergi resep sederhana ini bisa anda coba.

Semoga bermanfaat ...


13 comments:

  1. Kalau setahu saya, biduran adalah efek dari alergi yang muncul melalui kulit, Boss...
    Kalau saya seringnya alergi ketika ada pada udara yang dingin, tetapi gak sampai bentol-bentol biduran, tetapi pada ujung jari dan telinga jadi merah-merah...

    ReplyDelete
  2. @sapimoto
    mungkin kali ya bro, soalnya persepsinya juga lain-lain, yang jelas itu tadi yang saya rasakan

    ReplyDelete
  3. aku ga ngerti nih biduran..baru dengar, apa sejenis alergi gitu ya?

    ReplyDelete
  4. @Tony
    hampir mirip atau mungkin malah sama, saya juga kurang ngerti :)

    ReplyDelete
  5. hmmmm nice info...

    casual cutie malah ga tau apa itu biduran. heee

    ReplyDelete
  6. saya alergi klo blom makan mas.. (ini mah kelaparan.. kwakwakwa..) :D

    ReplyDelete
  7. Biduran (urtikaria) itu salah satu tanda alergi,ini kebetulan ada artikelnya http://kolomkesehatan.blogspot.com/2008/03/kulit-bentol-bila-udara-dingin.html

    ReplyDelete
  8. @casual cutie
    mending ga usah tau saja, biar gak kena qqq

    @spydeeyk
    itu mah semua yang masih idup juga ngalamin bro

    @Teddy
    ok, thx

    ReplyDelete
  9. Saya kalo kedinginan suka gatel-gatel, tp gak bentol....
    salam kenal yah mas....

    ReplyDelete
  10. thanks buat resepnya..
    nanti kl biduran saya kambuh, akan saya coba deh..

    ReplyDelete
  11. Kebetulan banget saya baru mengalami masalah serupa, tiba-tiba bentol-bentol merah. Tapi masih bingung ini alergi karena apa. Karena tidak makan, makanan yng ekstrim, cuaca juga tidak ekstrim. Sudah diobati dan berkurang , tapi kemarin sampai hari ini muncul lagi. Masih bingung harus bagaimana..

    ReplyDelete
  12. saya biduren udah sering bgt malah setiap kali sya demam pasti di ikuti gatal2 seluruh badan...hbis mkan udang, kcang ijo n habis minumjamu jg bisa kumat ...parah y.

    ReplyDelete

Silakan Anda tuliskan komentar, saran, kritik, yang membangun di bawah ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya