28 January 2009

Resep sederhana, atasi alergi

Pernah anda merasakan gatal-gatal di sekujur tubuh secara tiba-tiba? Diikuti dengan bentol-bentol merah merata di sekujur tubuh juga. Mungkin anda terkena yang namanya biduran. Nah itu yang baru saja saya alami, sehabis pulang kerja mampir dulu untuk refreshing maen bulu tangkis dengan rekan kerja. Setelah main satu set tiba-tiba tangan kaki terus menjalar ke seluruh badan terasa gatal-gatal. Saya pikir itu hanya karena keringat yang mulai keluar, tapi ternyata saya salah. Setelah keringat mulai mengering gatal gatal tidak juga hilang malah sekarang nambah muncul bentol-bentol merah. Semakin lama semakin banyak, dalam hati saya pikir wah sudah neh kena campak neh. Tapi campak kok tidak panas, paling tidak kok tidak ada tanda-tanda demam sama sekali. Saya tanya ke teman saya kenapa ini ya. Ada yang bilang itu biduran, ada juga itu cuman alergi makanan.

Saya coba-coba ingat, apa yang telah saya makan sebelumnya. Perasaan saya tidak ada yang istimewa yang saya makan tadi. Lagipula kalau alergi saya belum pernah alergi apapun, tambah bingung saya. Wah sebenarnya kenapa neh saya, campak, biduran atau alergi? Malah ada yang bilang kalau saya darah rendah. Kalau kena campak, saya kan sudah pernah imunisasi campak lagipula tidak ada demam katanya ciri-ciri campak itu kan ada demamnya, sedang ciri-ciri alergi gatal-gatal, bentol-bentol. Berarti saya memang kena alergi, telusur kena telusur saya tadi makan kacang methe sedikit, apa karena itu ya. Yah, kesimpulan sementara saya kena alergi kacang methe. Terus teman memberikan resep sederhana untuk mengobati alergi saya, teman saya itu memberikan sprite dan minyak tawon. Sprite tentunya untuk saya minum dan minyak tawon saya oleskan di seluruh badan. Dan tak lama kemudian ternyata gatal gatal dengan bentol-bentol merah di tubuh saya mulai menghilang. Terima kasih Tuhan, saya tidak jadi mengeluarkan ongkos tambahan untuk ke dokter.

Apakah biduran sama dengan alergi?

Biduran kalau dulu saya pikir beda dengan alergi, tapi setelah saya jalan-jalan (bw) kok banyak yang menyimpulkan alergi itu sama dengan biduran. Terus tanda-tandanya seperti yang saya sebutkan tadi, gatal-gatal di seluruh badan diikuti bentol-bentol. Alergi ini biasanya diakibatkan karena makanan. Resep sederhana lain yang bisa digunakan, minum air kelapa ijo, minum sprite dan olesin minyak tawon (seperti saya), bata merah dihancurkan kemudian di sangrai kemudian dibungkus dan ditempel-tempelkan pada bagian yang gatal. Menurut ceritanya resep-resep sederhana tersebut bisa mengatasi biduran atau alergi. Memang bukan cara paling cepat namun sudah banyak yang teruji, entah karena memang khasiatnya atau hanya karena sugesti. Jadi jika anda merasakan tanda-tanda biduran atau alergi resep sederhana ini bisa anda coba.

Semoga bermanfaat ...