25 January 2009

Susahnya menerima hal yang baru

Sering terlintas dalam benak saya, kenapa jika kita akan mendapat atau menerima hal baru justru terjadi penolakan hebat. Apalagi jika hal baru itu jauh dari kebiasaan kita sebelumnya. Dalam hal ini bukan tentang gosip artis terbaru, atau mp3 indonesia terbaru, ataupun 3gp terhot bukan itu, kalau soal itu mungkin lain ceritanya. Yang saya maksud hal baru di sini adalah peraturan-peraturan baru, entah dari pemerintah, dari lingkungan sekitar atau dari tempat kerja kita. Sebagai contoh yang masih menjadi perdebatan namun tetap harus dijalankan adalah peraturan tentang masuk sekolah pukul 06.30. Seperti yang lain, sayapun sebenarnya keberatan tentang peraturan ini, bukan karena tidak mau namun karena saya lebih berpikir ke anak-anak. Untuk sekolah-sekolah negeri mungkin ini bukan menjadi persoalan besar. Namun bagi sekolah-sekolah swasta tentu ini menjadi masalah yang kompleks.

Di samping harus bersaing mendapat hati dari calon orang tua, juga harus selalu mentaati aturan dari pemerintah, yang kadang terkesan hanya memihak kepada kepentingan pribadi atau golongan. Jika memang kebijakan itu memang bisa membuat perubahan yang berarti mungkin bisa sedikit diterima, namun jika justru sebaliknya bagaimana timbal baliknya, apa kompensasi yang diberikan? Bukankah hanya permintaan maaf. Itulah sedikit dari hal baru yang mungkin bertujuan bagus namun susah untuk diterima dan dijalankan. Karena dengan menerima dan menjalankannya ada konsekuensi yang harus dihadapi. Belum lagi dengan hal-hal yang baru yang lainnya. Bagaimana menurut pendapat anda? Apakah anda selalu bersedia menerima hal baru dalam kehidupan anda?

8 comments:

  1. haha.... saya jdi mandi jam setengah 5 gara-gara jam masuk sekolah dimajuin :D

    ReplyDelete
  2. @Reza Fauzi
    itulah bro, untuk orang dewasa mungkin bisa cepat adaptasi, untuk anak kecil bagaimana?

    ReplyDelete
  3. terkadang hal baru itu memang susah/gampang kita terima, tetapi sebagai makhluk sosial yah.., mau ga mau harus menerima hal baru itu.., tergantung bagaimana sikap kita aja menyikapi hal baru itu.., ya ga?? :D

    ReplyDelete
  4. pastinya saya akan menerima hal baru itu.. selama itu baek buat saya

    ReplyDelete
  5. Kalau bagi saya, suatu hal baru kalau memang membawa kebaikan bagi saya pribadi khususnya, dan bagi masyarakat umumnya terkait dengn kebijakan2 tertentu dari pemerintah, tidak ada salahnya. Cuma, menurut saya, sebaiknya dimusyawarahkan dulu dengan elemen2 terkait.

    ReplyDelete
  6. Kadang, hal baru yang baik buat sebagian orang/golongan, belum tentu dirasakan baik juga oleh orang/golongan lain. Kuncinya adalah komunikasi.

    ReplyDelete
  7. @spydeeyk
    sikap kita seharusnya bagaimana bro?

    @Malapu Network
    wah kok ada networknya sekarang bro, karena baik maka anda terima menjadi network ya bro?

    @annosmile
    yup betul bro

    @nugraha
    nah itu seharusnya, cuman kayaknya pemerintah selalu tergesa-gesa dalam ambil keputusan, atau kitanya yang ketinggalan informasi

    ReplyDelete

Silakan Anda tuliskan komentar, saran, kritik, yang membangun di bawah ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya