11 October 2008

Tips sehat di malam hari

Saat kita tidur apakah memakai penerangan? Maksud saya lampu kamar tidur. Bila iya, maka berusahalah untuk mengubah kebiasaan ini. Kenapa? Mari kita tanyakan ke Galileo, qqqq .... Begini, menurut ahli Biologi Joan Roberts saat kita tidur malam dan dalam keadaan gelap tanpa lampu penerangan tanpa radiasi layar kompie atau televisi, maka tubuh kita bekerja optimal dalam menghasilkan Melantonim. Nah, melantonim itu apa? apakah seperti pantomin? Usut punya usut melantonim ini adalah zat eh... hormon, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Dengan mematikan lampu saat tidur, maka tubuh dapat menghasilkan hormon tersebut, karena hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh kita bekerja. Sebaliknya dengan adanya penerangan dalam kamar tidur sekecil apapun itu dapat menyebabkan produksi hormon melantonim tersebut terhenti. Ahli biolog tersebut telah meneliti dengan mengambil sampel pada binatang. Ketika hewan tersebut diberi penerangan/cahaya maka produksi melantonimnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Ternyata lampu memberikan efek negatif terhadap tubuh baik kepada binatang maupun kepada kita.

Oleh karenanya selain untuk berhemat energi, mari kita coba ubah kebiasaan menggunakan lampu penerangan pada saat kita tidur. (untuk yang belum)

Ingat ... ingat ... thing!!!

7 comments:

  1. Wah, ternyata jago biologi juga to? ekekek... Saya emang entah kenapa kalo tidur lampu nyala gak bisa tidur, jadi mesti gelap2an. Cocok deh.. Makasih ilmunya :D

    ReplyDelete
  2. @kukiratakada
    qqqq.... nggak juga om, orang biologi aza dulu dapet 6, baguslah kalo udach seperti itu ...

    ReplyDelete
  3. Mantaps infonya. Terima kasih. :)
    Mematikan lampu saat tidur, selain hemat listrik ternyata juga menyehatkan ya.
    Tapi kl dokter mata akan menyarankan, jangan tidur dalam gelap, agar saat bangun tidur kerja mata tidak menjadi terlalu diforsir.
    Lampu remang2 bisa jadi jalan tengahnya.

    ReplyDelete
  4. @ades hendra
    Ok ... bro seep. Jangan terlalu kaku. Ikuti mana yang terbaik untuk kita sendiri.

    ReplyDelete
  5. Cuocok sama saya..... saya suka kegelapan, sambil meluk guling, nyalain AC.... trus merem..... eh, ada sisi logisnya juga....

    Wuih, ini super berharga bro..... kalo tulisannya tetep informatif kaya gini, ni blog bakalan jaya! Huehehehehe.... tapi masih belum ngalahin blogku...:P

    ReplyDelete
  6. @Syamsul Alam
    qqqqq ... ya iyalah sapa yang bisa ngalahin Syamsul Bahri ech ... Alam

    Btw ... meluk guling ato yang laen neh? :)

    ReplyDelete
  7. wah berarti selama ini aku bener dunk...aku ngga bs tdr klo lampunya ngga di matiin...padahal pernah ribut mlm" sama sahabat aku gara" dia tidur'a ngga bisa gelap"an

    ReplyDelete

Silakan Anda tuliskan komentar, saran, kritik, yang membangun di bawah ini. Terima kasih sebelum dan sesudahnya